Kategori

Sabtu, 26 Maret 2011

5.      KELAINAN DAN PENYAKIT PADA SISTEM PERNAPASAN
Beberapa penyakit yang menyerang sistem pernapasan di antaranya, yaitu :
1)      Asma, terjadi penyempitan pada saluran pernapasan dan merupakan penyakit menurun. Penyakit ini dapat disebabkan oleh alergi.
2)      Tuberculosis (TBC), adanya infeksi pada paru-paru (alveolus) yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini menyerang paru-paru sehingga terbentuk bintil-bintil dalam alveolus.
3)      Bronchitis, adanya infeksi pada cabang batang tenggorok. Penyakit ini menyebabkan peradangan pada dinding bronkus yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini menyebabkan batuk berdahak.
4)      Difteri, yaitu penyumbatan oleh lender pada rongga faring maupun laring yang dihasilkan oleh infeksi kuman difteri.
5)      Pertusis, batuk rejan atau batuk 100 hari, disebabkan oleh kuman Heamophylus pertuisis.
6)      Influenza, adanya infeksi pada saluran pernapasan pada saluran mukosa yang disebabkan oleh virus.
7)      Pleuritis, karena peradangan selaput (pleura), disebabkan pleura mengalami penambahan cairan intra plura, akibatnya timbul rasa nyeri saat bernafas dan sesak nafas.
8)      Pneumonia, terjadi radang pada paru-paru oleh bakteri Diplococus pneumoniae. Akibat peradangan, alveolus dipenuhi oleh nanah dan lendir sehingga oksigen sulit berdifusi mencapai darah.
9)      Kanker paru-paru, biasanya diderita oleh para perokok. Kanker disebabkan oleh adanya tumor ganas yang terbentuk di dalam epitel bronkiale.
10)  Emfisema, yaitu robeknya dinding alveolus sehingga mengurangi daerah pertukaran gas.
11)  Trakitis, adanya infeksi pada batang tenggorok (trakea).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar