Kategori

Sabtu, 26 Maret 2011

RANGKUMAN MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA


1.      PENGERTIAN PERNAPASAN
Pada dasarnya pernapasan adalah: serangkaian pengambilan oksigen dan pengeluaran sisa oksidasi berupa karbondioksida dan uap air melalui alat pernapasan.

2.      ALAT PERNAPASAN MANUSIA
Pada gambar di bawah ini terlihat alat pernapasan manusia, yakni berupa:
a)      hidung,
b)      tekak (faring),
c)      pangkal tenggorok (laring),
d)     batang tenggorok (trakea),
e)      bronkus,
f)       bronkiolus, dan
g)      paru-paru (pulmo).

3.      PROSES PERNAPASAN
Pada saat bernapas berlangsung 2 proses, yaitu menghirup udara (inspirasi) dan menghembuskan udara (ekspirasi). Inspirasi adalah proses masuknya udara ke dalam paru-paru sedangkan, ekspirasi adalah proses keluarnya udara dari paru-paru. Berdasarkan cara masuknya udara pernapasan manusia dibedakan menjadi pernapasan dada dan pernapasan perut.

4.      KAPASITAS PARU-PARU
  • Udara tidal/udara pernapasan: volume udara saat kita bernapas secara normal (0,5 lt).
  • Udara komplementer: volume udara dari luar yang masih dapat kita hirup sedalam-dalamnya (dimasukkan secara maksimal), setelah bernapas normal (1,5 lt).
  • Udara suplementer: volume udara dari dalam paru-paru yang dapat kita keluarkan dengan menghembuskan napas sekuat-kuatnya (dapat dikeluarkan secara maksimal), setelah bernapas normal (1 lt).
  • Udara residu: volume udara sisa yang ada di dalam paru-paru, setelah mengembuskan napas sekuat-kuatnya (setelah mengeluarkan nafas/ekspirasi maksimal) (1 lt).
  • Kapasitas vital paru-paru: Volume udara yang dapat dikeluarkan semaksimal mungkin setelah melakukan inspirasi semaksimal mungkin juga. Meliputi udara tidal, udara komplementer, dan udara suplementer (3,5-4 lt).
  •  Kapasitas total paru-paru: Volume udara yang dapat ditampung paru-paru semaksimal mungkin. Meliputi kapasitas vital paru-paru ditambah dengan udara residu (±5 lt).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar